RAJAWARTA : KPU Kota Surabaya melantik 155 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Hotel Singgasana pada Sabtu 29/02/2020. Pelantikan itu dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Kota Surabaya dan para camat seluruh Surabaya. Diacara tersebut menyampaikan pesan penting khusus PPK.

Dalam pesannya, Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi usai acara pelantikan mengatakan, pelantikan ini menandai salah satu kesiapan pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020. “Hari ini pelantikan 155 PPK yang tersebar di 31 kecamatan. Ini tanda salah satu struktur kami dikecamatan siap melaksanakan pilkada sedangkan struktur ditingkat kelurahan masih berproses” jelasnya.

Nur Syamsi mengatakan, PPK yang dilantik ini diharapkan segera bekerjasama dengan kecamatan masing-masing untuk membentuk sekretariatan. “Tugas pertama yang langsung dihadapi nantinya adalah verifikasi faktual calon perseorangan dan pemutakhiran data pemilih” jelasnya lagi.

Dalam kesempatan itu alumni Unair ini menekankan soal netralitas penyelenggara Pilkada Surabaya. “PPK setelah dilantik langsung bekerja dan diharapkan tetap bisa menjaga netralitas dan profesional dalam bekerja” tegasnya.

Menjaga netralitas itu menurut Nur Syamsi tolak ukurnya yaitu out put dalam bekerja. “Netralitas tidak diucapkan melainkan cara bekerja sesuai dengan aturan perundang-undangan, sehingga menghasilkan out put yang baik. Yaitu sukses penyelenggaraan Pilkada dan menghasilkan pasangan kepala daerah yang bermartabat” pungkasnya. (lam)