RAJAWARTA : Penduduk Indonesia masih kalah dari Singapura dan Malaysia dalam hal mengkonsumsi ikan. Apalagai kalau dibandingkan dengan Jepang dan Korea. Jadi, Konsumsi ikan di Indonesia masih tergolong rendah.

Untuk meningkatkan minat mengkonsumsi ikan, salah satu Kabupaten di Madura, yakni Kabupaten Sumenep melalui Dinas Perikanan berencana akan menggelar Gebyar Gemarikan (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan).

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Ir Arif Rusydi M.Si kepada awak media menjelaskan, Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini akan dipusatkan di Taman Potre Koneng (Taman Bunga) pada Rabu (03/07/2019) pukul 19.00 WIB, dengan tema “Ragam Menu Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Dia mengatakan, Gebyar Gemarikan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan, karena makan ikan membuat tubuh menjadi sehat, kuat dan cerdas.

Dalam memberikan keterangan Arif mengungkapkan, Gebyar Gemarikan tahun ini dirangkai dengan berbagai kegiatan antara lain yakni, Sosialisasi Gemarikan, Lomba Mewarnai tingkat TK dan Lomba Memasak Berbahan Dasar Ikan (ikan tengiri, lele dan nila) untuk Menu Keluarga.

Pemenang lomba akan memperoleh hadiah piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan serta akan dibagikan ikan secara gratis kepada masyarakat tidak mampu.