RAJAWARTA : Ormas Pagar Jati Indonesia di Pilwali Surabaya tetap setia mendukung salah satu calon walikota Surabaya, Gus Hans. Dukungan terhadap Gus Hans dipilih karena dari sekian calon Walikota yang ada Gus Hans yang layak menempati kursi L1.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Penegasan dukungan terhadap Gus Hans itu disampaikan Sekretaris Jenderap Paguyuban Arek Jawa Timur, M Zainul Fadli kepada rajawarta. (10/6/2020).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Oleh karena itu ungkap Fadli, hingga saat ini pihaknya terus menggalang kekuatan agar di Pilwali mendatang jalan Gus Hans menuju Kursi L1 berjalan mulus.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

“Kami tetap fokus mendukung Gus Hans. Dan kami bertekad untuk memenangkan Gus Hans di Pilwali Surabaya,” tegas Fadli.

Mengutip Kompas.com, terkait Pilkada yang akan tetap dilaksanakan pada masa pandemi ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan dimulai kembali pada 15 Juni mendatang.

Komisioner KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, hal itu telah tertulis dalam draf Peraturan KPU (PKPU) perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020.

“PKPU perubahan ini telah diharmonisasi pada Minggu (31/5/2020) lalu. Substanstinya, tahapan Pilkada dilanjutkan pada 15 Juni,” ujar Raka Sandi dalam diskusi daring pada Selasa (2/6/2020) lalu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020.

Perppu ini mengatur penundaan pemungutan suara Pilkada 2020 dari September menjadi Desember atau bisa lebih lama lagi tergantung situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Untuk diketahui, pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Awalnya, pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September. Namun, akibat wabah Covid-19, tahapan Pilkada sempat dihentikan sementara. (Yd/Snd)