RAJAWARTA : Ada yang menarik dari Peringatan Hari Ibu yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Jumat (20/12).

Saat memberikan kata sambutan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tiba-tiba memanggil Dina Oktavia untuk naik ke atas panggung.

Dihadapan para tamu undangan dan hadirin, Gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut memuji serta mengapresiasi sosok Dina Oktavia, Ibu dari Muhammad Pandhu Firmansyah (6 Bulan), bayi penderita hidrosefalus yang baru-baru ini kisahnya sempat viral di media.

Dikatakan mantan Menteri Sosial ini, Dina Oktavia adalah sosok perempuan yang tangguh dan kuat.

“Di usianya yang masih muda, 21 tahun, namun Mbak Dina harus berjuang sendiri merawat anaknya yang sedang sakit, tanpa didampingi suami,” kata Khofifah yang disambut applaus dari para hadirin dan tamu undangan, serta sejumlah pejabat Forkopimda Jatim tersebut.

Dina sendiri, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas respon cepat dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang sudah merelokasi dan mengevakuasi dirinya serta anaknya, Pandhu.

Dari hunian sebelumnya yakni rumah petak berukuran 2×6 meter di kawasan Jojoran STAL, pindah ke Rusunawa Gunungsari, yang dikelola oleh Pemprov Jawa Timur.

Selain pada Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, Dina Oktavia juga tak lupa mengucapkan terima kasih pada Kepala Dinas Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, Pengelola Rusunawa milik Pemprov Jawa Timur, Direktur Rumah Sakit Dokter Soetomo, para donatur serta semua pihak yang sudah peduli terhadap dirinya dan anaknya.

Pada kesempatan itu pula, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata ini juga meminta doa untuk kelancaran operasi dan kesembuhan Pandhu, putera semata wayangnya.

Tak hanya dapat pelukan hangat dari Khofifah, namun Dina yang saat itu datang bersama Daniel Lukas Rorong, relawan pendampingnya yang juga Ketua Komunitas Tolong Menolong ini, juga mendapatkan potongan tumpeng yang diberikan langsung oleh mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan/Ketua BKKBN tersebut.

Selain Peringatan Hari Ibu, acara tersebut juga digelar bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-20 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jatim dan Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019.

Tampak hadir Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Ketua TP PKK Jatim Arumi Bahcsin dan sejumlah pejabat Forkompimda Jawa Timur.

Tonton video moment pertemuan Dina dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa :