RADJAWARTA : Di Bulan Ramadhan 2019 Indosat Ooredoo menyatakan siap memberikan layanan terbaik. Kesiapan itu setelah mereka melakukan uji jaringan di 5 kota tujuan utama mudik di 5 provinsi Tanah Air.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Kelima kota yang menjadi uji Jaringan yakni di Solo (Jawa Tengah), Malang (Jawa Timur), Padang (Sumatera Barat), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), dan Makasar (Sulawesi Selatan), Kamis (25/4/2019).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

“Kelima kota ini sudah merepresentasikan kantong-kantong mudik yang memiliki potensi tinggi terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi,” kata Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic, dalam teleconference, Kamis (25/4/2019).

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Dejan menjelaskan, untuk memanjakan konsumen di momen istimewa ini pihaknya telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte/ hari. Kapasitas ini dianggap sudah memenuhi puncak kenaikan trafik data selama periode itu, yang diprediksi meningkat sebesar 15-20%.

Bahkan Dejan mengungkapkan, untuk kapasitas layanan SMS sudah disiapkan hingga 975 juta SMS/ hari, dan kapasitas layanan suara sampai 37 juta Erlang/ hari. Trafik SMS dan suara itu sudah diperhitungkan untuk kemungkinan terjadinya peningkatan trafik.

Berdasarkan hasil uji jaringan, kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan download 85,33 Mbps.

Khusus di beberapa titik keramaian di 5 kota tujuan mudik tersebut diperoleh kecepatan download hingga 93 Mbps (Losari, Makassar), 76,5 Mbps (kawasan Bandara Adi Sumarmo, Solo), 62,7 Mbps (kawasan Alun-Alun Malang), 89,7 Mbps (kawasan Gunung Padang), dan 104,7 Mbps (kawasan Patung Bekantan, Banjarmasin).

Selain itu, pada saat bersamaan Indosat Ooredoo juga melakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score), yang hasilnya menyebutkan 4,47% area yang diukur menunjukkan tingkat excellent.

Rentang penilaian metode pengukuran itu 1 sampai 5, di mana angka 5 berarti excellent. Jelasnya, hasil pengukuran itu menunjukkan kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.

Tidak cukup hanya meningkatkan kapasitas jaringan, Indosat Ooredoo juga akan memantau kondisi jaringan telekomunikasi selama Ramadhan dan Lebaran.

Pantauan akan dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan.

Di Malang, sebagaimana yang diikuti beritalima.com, uji jaringan Indosat Ooredoo dilakukan di Kampung Warna-warni, di Alun-alun, dan di Museum Brawijaya.

“Ketiga kawasan di Malang ini sengaja kami pilih karena saat Ramadhan dan Lebaran selalu ramai, banyak didatangi masyarakat,” kata Division Head Field Enginer EJBN, Sony Witjaksono, di kesempatan yang sama.

Menurutnya, akses komunikasi data menjadi prioritas, karena mayoritas pengunjung akan mengupload foto dari kawasan itu ke berbagai media sosial.

Pihaknya optimis, kapasitas yang ditingkatkan menjadikan para pelanggan Indosat Ooredoo menjadi lebih nyaman untuk melakukan aktifitas tersebut. (Gan/b5)