RAJAWARTA : Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengajak warga Lumajang menjadikan Hari Raya Idul Adha 2019 sebagai moment meningkatkan solidaritas sosial. Ajakan itu disampaikan Cak Thoriq (sapaan Bupati) saat memberikan sambutan di Masjid KH. Anas Mahfudz Lumajang, Minggu (11/08/2019).

Dia menambahkan, solidaritas sosial yang dimaksud adalah sebagaimana tauladan Nabi Ibrahim AS, yang dengan lapang hati menyerahkan harta yang sangat disayangi yaitu putranya.

“Idul Adha mengajarkan akan nilai-nilai komitmen kepatuhan dan penghambaan kepada Allah SWT yang ditandai dengan kepercayaan Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT, sedangkan nilai ketulusan yang ditandai dengan pengabdian Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim, dan nilai keikhlasan yang ditandai dengan kerelaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putra kesayangannya. Nabi Ismail AS, adalah bukti bahwa kita harus memiliki keimanan kepada Allah SWT yang harus tertanam dengan kuat,” jelasnya.

Selain itu Cak Thoriq juga mengajak warga Lumajang untuk menjadikan Idul Adha ini menjadi ajang instropeksi diri selama menjalankan kehidupan.

“Membangun itu butuh komitmen, keterbukaan, dan keikhlasan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Lumajang tetap berkomitmen untuk bekerja keras mewujudkan program-program pembangunan yang nyata, serta bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Setelah Bupati memberikan sambutan, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyerahkan secara simbolis hewan qurban dari Pemerintah Kabupaten Lumajang kepada Ketua Takmir Masjid KH. Anas Mahfudz, KH. Abdul Kahfi berupa 5 ekor sapi dan 38 ekor kambing (hms-lmj)