RADJAWARTA : Karang Taruna merupakan wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan pemikiran dan kreativitas. Untuk itu Pemkab Pasurauan meminta Karang Taruna kembali diaktifkan.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf mengatakan, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan setiap warga masyarakat, khususnya generasi muda. Dan, Karang Taruna memiliki tugas penting yakni menjadi Mitra Pemerintah.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

“Contohnya saja dalam hal penanganan kebencanaan, msalah anak jalananan hingga kegiatan bersifat sosial ke masyarakat. Semua itu adalah peran yang harus selalu diambil oleh karana taruna,” ujar Irsyad.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Irsyad menjelaskan, dalam pembinaan Desa dan Kelurahan peran Karang taruna adalah dengan mengandalkan pengendalian dan kearifan lokal.

“Kita ingin tahu suara para pemuda-pemudi dalam pembangunan di segala bidang. Meski sampai sekarang ternyata banyak karang taruna yang kelembagaannnya belum terstruktur dengan benar,” tukasnya. (9/4).

Seperti yang dijelaskan Plt Kapala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan, jumlah karang taruna di Kabupaten Pasuruan masih sekitar 70% dari jumlah Desa/Kelurahan. Itu artinya masih ada 30% lagi yang harus dibentuk dengan SK dari Kepala Desa masing-masing.

“Kami harapkan ada peningkatan untuk organisasi karang taruna. Bisa aktif seperti jaman dulu, apa-apa diurusi oleh karang taruna, karena yang muda yang berkarya,” tambah Gunawan Wicaksono.