RAJAWARTA : Walikota Surabaya nyambangi korban kebakaran di Asrama Polisi (Aspol) Jalan Tanjungsari Tandes Surabaya, (27/07/2019) siang. Tri Rismaharini or Risma didampingi Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho.

Dalam kesempatan itu Risma menawarkan bantuan tempat di Rumah Susun or Rusun. “Monggo (silahkan) kalau bapak-ibu berkenan, saya bantu untuk tinggal sementara di rusun, nanti untuk pindahannya biar dibantu sama petugas Linmas,” kata Wali Kota Risma saat berdialog dengan warga.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB dan Linmas) Kota Surabaya, Eddy Christijanto menjelaskan, ada empat keluarga yang mendapat bantuan berupa perlengkapan untuk kebutuhan bayi. Seperti susu cair, botol dot dan pampers bayi. “Bantuan kami datangkan menggunakan satu unit kontainer, dan kami serahkan langsung kepada korban kebakaran,” kata Eddy, Senin (29/07/19).

Ia mengatakan, selain bantuan berupa perlengkapan bayi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga memberikan bantuan berupa sembako, perlengkapan mandi dan kebutuhan sehari-hari. Diantaranya, beras, minyak, pakaian, sikat gigi, handuk, kompor gas, hingga perlengkapan sekolah anak. “Satu KK kami bantu pindahan di Rusun Penjaringan Sari 4, sementara yang lain ingin tinggal di rumah mereka sendiri,” katanya.

Sebagai diketahui, sebelumnya di Aspol yang terletak di Jalan Tanjungsari, Tandes Surabaya sempat mengalami kebakaran pada, Jum’at (26/07/2019). Atas peristiwa tersebut, setidaknya ada 11 dari 16 unit rumah yang mengalami kebakaran. (*)