RADJAWARTA : Sebagian Wilayah di Propinsi Jawa Timur sudah memasuki musim kemarau. Kabar tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Menurut Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, saat ini sebagian wilayah di Jawa Timur telah memasuki musim kemarau dan sebagian lagi masih proses peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Teguh menjelaskan, adapun beberapa daerah yang telah memasuki musim kemarau di Propinsi Jawa Timur diantaranya : Bojonegoro, Tuban, Gresik, Lamongan, Jombang, Mojokerto, Probolinggo, Bondowoso, dan Jember.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Sedangkan wilayah yang memasuki wilayah peralihan ke musim kemarau antara lain, Nganjuk, Kediri, Trenggalek dan Pacitan.

“Selain itu, khusus untuk wilayah Lumajang sisi Selatan dan juga sebagian Banyuwangi baru akan memasuki musim kemarau bulan Mei,” jelasnya.

Teguh mengingatkan di musim peralihan seperti ini biasanya terjadi hujan sesaat disertai dengan angin kencang. “Ini Kondisi yang normal di saat terjadinya peralihan musim, baik itu dari musim hujan ke kemarau atau sebaliknya dari musim kemaau ke musim hujan,” ucapnya.

Dengan demikian, BMKG mengingatkan kepada semua pihak agar tetap waspada dengan kemungkinan akan terjadi potensi bencana terkait fenomena alam tersebut. “Intinya masyarakat juga bisa lebih waspada serta mengenali perubahan musim yang ada di lingkungannya itu,” tukasnya (sbr/ant)