suarasurabaya (ss)/istimewa

RAJAWARTA : Salah satu Jamaah Calon Haji (JCH) asal Madura, Jawa Timur bernama Tiwa Binti Sajarin diketahui berusia 103 Tahun. Nenek asal Desa Beruh Kabupaten Pamekasan itu berangkat Haji seorang diri. Meski berangkat seorang diri Nenek Tiwa terlihat sangat bersemangat.

Lihat saja, Nenek bercucu 10 itu terlihat masih sehat dan bersemangat ketika membawa barang bawaannya.  

Kepada awak media yang menemuinya, Nenek Tiwa mengaku masih siap untuk menunaikan ibadah haji. Hal itu terbukti ketika berjalan dia terlihat tidak menggunakan alat bantu, misalnya kursi roda atau tongkat.  

Kenapa nenek masih sehat? tanya seorang wartawan. Dengan tenang nenek Tiwa mau berbagi resep hidup sehat dan bugar. Menurutnya, untuk hidup sehat tidaklah sulit. Cukup minum susu dicampur dengan telur dan madu. Dan, rajin minum ramuan jamu dari rempah-rempah, misalnya kunyit, temulawak, dan jahe.

Nenek baik hati itu mengaku senang bisa menuaikan ibadah rukun Islam kelima. Dia minta didoakan semoga dalam menjalankan ibadah haji dirinya diberikan kesehatan.  

“Iya senang sekali. Ini pertama kali, semoga sehat-sehat di sana nanti. Ini dibayari anak-anak saya. Iuran mereka. Dua anak saya sama mantu saya sudah haji. Alhamdulillah rejeki itu datang, tahun ini saya berangkat sendiri, sama pembimbing,” tuturnya, kemarin.

Jika sesuai rencana, Nenek Tiwa yang bergabung ke kelompok terbang (kloter) 11 Embarkasi Surabaya. Nenek Tiwa dijadwalkan akan berangkat ke Arab Saudi pada hari Rabu (10/7/2019). (sbr/SS)