RAJAWARTA :  Sekitar pukil 19.00 WIB, warga Dusun Krajan II Desa Rabubedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dihebohkan oleh penemuan bayi perempuan yang taruh di dalam kardus (8/8/2019).

Bayi perempuan tersebut ditemukan warga di depan teras rumah milik Sakor (49Th)  Dusun Krajan II Desa Ranubedali Kec Ranuyoso Kab Lumajang.

Ceritanya, Sakor curiga karena takut ada barang berbahaya, namun setelah dibuka ternyata kardus tersebut berisi Bayi perempuan umur 1 hari, diperkirakan lahir dengan cara proses sendiri (tanpa bantuan dari bidan), berat 2,7 Kg, panjang 50 Cm.

Tanpa pikir panjang, Sakor melaporkan hal tersebut kepada Kepala Desa untuk diantar ke Polsek Ranuyoso. Selanjutnya bayi tersebut mendapat perawatan di Puskesmas Ranuyoso.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MH MM mengaku kecewa atas kejadian tersebut, pasalnya anak itu merupakan titipan Ilahi.

Dia menuturkan, banyak keluarga di luar sana yang menginginkan buah hati, sedangkan ibu ini tega membuang anak malang ini begitu saja.

Kapolres berjanji akan segera mengungkap siapa dalang yang membuang bayi tersebut. “Meskipun terdapat pesan bersama bayi tersebut, namun saya akan mendalami motif dibalik pembuangan bayi mungil ini. Apapun alasannya tindakan ini sangat tidak dibenarkan,” tegasnya.

Iptu Ari Hartono Kapolsek Ranuyoso menyatakan siap menjalankan perintah Kapolres. “Agar segera terungkap pelaku pembuang bagi tersebut. saya dan jajaran akan melakukan penyelidikan mendalam untuk mengungkap pelakunya,” ujar Ari. (hms/mbah)

Print Friendly, PDF & Email