RAJAWARTA : Pemerintah Kota Surabaya (Pemkos) kembali menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan berupa seperangkat alat kesehatan (alkes) itu tiba di Halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (30/7/2020).

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Bantuan tersebut, terdiri dari satu unit Mesin Real Time (Polymerase Chain Reaction) PCR sistem, satu unit Mesin Nucleid Acid Ekstraction RNA sistem, PCR (life gen) sebanyak 4.994 test, 5.000 unit VTM (genesis) serta 4.992 test RNA (Makura).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNPB, Letjend TNI Doni Monardo yang telah mengirimkan peralatan alkes untuk membantu menangani pandemi Covid-19 di Kota Pahlawan.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

“Terima kasih Pak Doni Monardo dan seluruh tim telah mengirimkan peralatan PCR untuk tes PCR reagen dan perlengkapannya,” kata Wali Kota Risma.

Dengan adanya bantuan ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya akan lebih memaksimalkan alat-alat tersebut untuk mendeteksi dan mengatasi persoalan Covid-19 yang ada di Surabaya.

“Kami maksimalkan peralatan dan sarana ini secepat mungkin untuk mendeteksi dan mengatasi permasalahan,” ujarnya.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita menambahkan, total bantuan yang bernilai lebih dari dua miliar itu, diberikan lantaran beberapa waktu lalu Wali Kota Risma berkirim surat kepada Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo untuk mengajukan permohonan bantuan.

“Ibu Wali Kota bersurat kepada Pak Doni untuk mengajukan permohonan bantuan. Alhamdulillah hari ini sudah kami terima bantuan tersebut,” pungkasnya. (*)