RAJAWARTA : ROTARY CLUB Distrik 3420 Indonesia, ikut melakukan kegiatan pengabdian menghadapi wabah Covid-19 yang sudah  mendunia dan melanda Indonesia.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Rotary Club di Indonesia, telah menyiapkan program “disaster response”, yaitu gerakan menyumbang 1 juta “Face Shield” bagi Rumah Sakit yang akan menangani korban Covid 19.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

 Cara yang ditempuh adalah dengan membuat sendiri Face Shield di masing-masing Rotary Club yang berjumlah sekitar 40 Klub, yang berada di Indonesia Timur. Mengajak relawan untuk membuat bersama, mendata Rumah Sakit dan mendistribusikan ke Rumah sakit yang membutuhkan.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Ketua gerakan sejuta Face Shield Rotary Club Distrik 3400 Indonesia adalah DGE I Nyoman Suastika, dari Rotary Club Bali Kuta.  Untuk Rotary Club area Surabaya didistribusikan ke Rumah Sakit, yang diutamakan berada di luar kota Surabaya, agar lebih merata di seluruh Jawa Timur.

Face Shield ini adalah pelindung muka bagi semua yang bekerja di rumah sakit, kadang juga dokternya, agar tidak mudah tertular atau ditulari Covid 19, yang sangat mudah menyebar.

Produksi rata-rata setiap Rotary klub sekitar 25.000 buah Face Shield, diharapkan bisa selesai dalam 10 sampai 15 hari. Yang dikerjakan oleh para rotaractor (anggota Rotary yang masih muda) serta keluarga dari para anggota Rotary. Selanjutnya, adalah pendataan dari Rumah Sakit yang membutuhkan, lalu didistribusikan bersama oleh seluruh anggota Rotary Club, yang juga memerlukan waktu sekitar 10 hari, sehingga program yang mendesak ini bisa selesai dalam waktu satu bulan.  

Sejak tanggal 30 Maret 2020, Presiden Diana dan anggota Rotary Club Surabaya Darmo (RCSD) yang berjumlah 24 rotarian (sebutan anggota Rotary), telah berhasil membuat dan membagikan sekitar 7.500 buah Face Shield ke berbagai Rumah Sakit di Jawa Timur.

Kegiatan ini  dilanjutkan pada hari-hari berikutnya. Apabila ada sebuah Rotary Club yang kurang mampu memenuhi target, maka Rotary Club lainnya akan membantu. Rotary Club Surabaya Darmo termasuk klub yang cukup produktip, akan mampu membantu klub-klub lainnya. 

Pada hari Kamis, tanggal 02 April 2020, telah diserahkan sejumlah 1.750 buah Face Shield, ke kota-kota di  Madura. Sumenep (RS, Moh Anwar), Pamekasan (RS.Moh.Noer), Sampang (RS Moh Zyn, RS Madita, Puskemas Torjun, Kamoning dll), Bangkalan (RS.Syarifah Ambani).

Berikutnya di Gresik (RS Petro), Surabaya (Puskesmas Keputih, RSAL,  RS Al Irsyad, RS Gotong Royong, RS Islam A Yani, dan lainnya), oleh para relewan dan anggota Rotary Club.

PP Gatut Prasetiyo, mantan Presiden RC Surabaya Darmo dan seorang  senior yang telah menjadi anggota selama 30 tahun. ikut melakukan penyerahan Face Shield di RS Islam A Yani dan RS Gotong Royong di Semampir.

Gatut yang didampingi Humas RCSD, PP Yousri Raja Agam, mengatakan, memang tugas anggota Rotary Club adalah untuk pengabdian. Mereka dengan sukarela. membantu dan melayani umat manusia yang mengalami berbagai kesulitan, yang tidak boleh memandang perbedaan suku bangsa, agama, ras maupun politik”.

Rotary klub adalah organisasi universal yang bersifat pengabdian, pusatnya Amerika. “Pengabdian kemanusiaan dia atas segalanya“, imbuhnya. (   )