RAJAWARTA : Di Surabaya tepatnya di pinggir Jalan Pringadi Pawiatan Surabaya ada tukang patri spesialis plastik. Tukang patrinya dikenal dengan pqnggilan Abah Oyi (54).

Video Pilihan Anda :

Apa saja yang bisa dipatri? Tanya media ini, kakek bernama asli Sugeng Hariyanto ini menjelaskan, bahwa dirinya bisa merakit kembali apapun yang pecah asal bahannya dari plastik.

“Misalnya body mobil dan sepeda motor bisa kita patri dan bisa kembali seperti semula. Kerjaan saya itu unik, merakit semua plastik pecah dengan patri,” ujarnya saat didoorstop media ini (24/6).

Video Pilihan Anda :

Untuk harganya, Abah Oyi tidak bisa memastikan karena harga ongkos patri tergantung pada tingkat kerusakan (pecahnya). Tapi harga paling murah Rp 10.000,-,” jelas Abah Oyi.

Yang pasti ujarnya dalam sehari dirinya bisa maraih omset minimal Rp 200.000- ini kalau sepi. “Kalau lagi ramai bisa mencapai 500.000,-,” sambil mematri slebor sepeda motor milik pelanggannya.

Dia berkisah, awal pertama kali buka usaha patri plastik pada tahun 1988, tidak seramai sekarang. Berkat kesabaran dan ketekunan akhirnya sakarang abah Oyi bisa memetik buahnya. “Dulu sepi, untuk beli rokok dan makan masih kurang. Tapi berkat petuk tular dari teman ke teman, usaha ini bisa jalan,” ungkapnya.

Terkait dengan pelanggan, tuturnya rata-rata dari para pedagang jual beli sepeda motor dan mobil. “Yang bukan pedagang juga banyak,” tukas warga Manukan ini.

Salah satu pelanggan yang berhasil didoorstop media adalah Jiyo warga Sememi . Menurutnya, menjadi pelanggan Abah Oyi sudah lama, kira-kira 20 tahunan. “Lumayan bisa hemat biaya buat pedagang jual beli motor seperti saya,” ucapnya, singkat.