RADJAWARTA : Terbongkarnya Sindikat pengadaan barang penanggulangan bencana oleh jajaran Polres Metro Jakarta Pusat mendapat apresiasi dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

“Kami berterima kasih kepada Kapolres dan segenap jajarannya yang telah berhasil membantu untuk melakukan penangkapan,” kata Doni dalam acara apresiasi pada Senin (15/4) di Graha BNPB, Jakarta Timur.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

 Menurut Doni, bahwa ini merupakan momentum yang sangat baik antara pihak keamanan dan BNPB dimana BNPB setiap saat terlibat dalam pengadaan barang untuk kebencanaan. Pihaknya menilai memang ada pihak-pihak tertentu yang sengaja untuk kepentingan sendiri.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Doni mengimbau untuk pihak yang menjadi korban melapor kepada pihak kepolisian sehingga penipuan dapat segera dicegah. “Jangan berikan ruang untuk memanfaatkan untuk kepentingan pribadi,” tambah Doni.

 BNPB memberikan apresiasi kepada sejumlah jajaran Polres Metro Jakarta Pusat dan masyarakat sipil terkait dengan pengungkapan sindikat pengadaan barang di lingkungan BNPB. Salah satu keberhasilan dalam penangkapan sindikat tersebut terkait dengan pengadaan tenda BNPB sejumlah 3.000 buah.

 Sindikat penipuan kepada pengusaha dilakukan dengan modus menawarkan tender yang mengatasnamakan BNPB, kemudian tanda tangan pejabat BNPB dipalsukan dengan maksud tender telah mendapatkan persetujuan. Setelah itu para sindikat meminta sejumlah uang muka dari hasil kesepakatan tender.

Pemberian apresiasi ini diselenggarakan di hadapan para Eselon I dan II BNPB serta awak media massa. (hms)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana