RAJAWARTA : Untuk mengantisipasi stok daging sapi di pasaran di Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun 2019, Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD) RPH sudah menyiapkan stok sapi potong sebanyak 300 ekor.

Plt Dirut PD Rumah Potong Hewan, Bela Bima menjelaskan, pihaknya sudah mrngantisipasi stok daging sapi untuk kebutuhan menjelang perayaan Qurban.

“Kebutuhan daging segar saat Idul Adhan tahun ini diperkirakan naik 30%, dibanding hari biasanya.” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Kamis (08/08/19).

Dia yakin tidak akan kekurangan stok daging sapi pada hari raya Iful Adha tahun ini, sebab saat ini telah menggandeng Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar Surabaya, secara otomatis RPH tidak akan kekurangan stok sapi. 

Bela menambahkan, RPH tidak meragukan kualitas Paguyuban karena paguyuban memiliki jaringan jagal terbesar di Jawa Timur. “RPH kan tidak menjual, ya Paguyuban Pedagang Sapi itu yang menjual produk daging sapi segar kita.” terangnya.

Lebih lanjut Bela Bima mengatakan, dari 300 stok sapi di RPH, sampai saat ini sudah terjual 50 ekor sapi, dan diperkirakan terus melonjak sampai mendekati hari ‘H’ lebaran.

Dirinya kembali menambahkan, Idul Adha tahun 2018 sapi yang terjual di RPH mencapai 80 ekor sapi, dan tahun 2019 ini diperkirakan permintaannya sama dengan tahun lalu. 

Karena, kata Bela Bima, perayaan Qurban tahun ini bersamaan dengan tahun ajaran baru sehingga daya beli masyarakat sedikit menurun.

“Namun lonjakan permintaan sapi lebaran Qurban tahun ini puncak seasonnya dipastikan Jumat dan Sabtu besok. Masyarakat tidak perlu khawatir karena RPH stok sapinya masih banyak.” ungkapnya.(pan)

Print Friendly, PDF & Email